Mengenal Fotografi Bagian 2

Memotret adalah proses kreatifitas yang tidak hanya sekedar membidik obyek yang akan kita rekam dan kemudian menekan tombol shutter pada kamera.

Dalam menciptakan sebuah karya foto kita harus mempunyai ide (konsep) yang matang agar tidak mengalami kesulitan dilapangan dan yang tidak kalah pentingnya adalah memahami tentang komposisi, ketajaman dan pencahayaan (teknis) yang akan dibahas pada postingan berikutnya.



Jenis-Jenis Foto :

Materi ini bertujuan untuk memperkenalkan beberapa jenis foto yang berguna sebagai referensi anda. jenis-jenis foto disini hanyalah secara gasis besarnya saja, karena belum ada patokan yang baku mengenai jenis-jenis foto ini. Dengan adanya materi ini, semoga memudahkan anda dalam menentukan karya seperti apa yang akan anda tuangkan didalam dunia fotografi.

1. Foto Manusia

Foto manusia adalah semua foto yang obyek utamanya manusia, baik anak-anak sampai orang tua, muda maupun tua. Unsur utama dalam foto ini adalah manusia, yang dapat menawarkan nilai dan daya tarik untuk divisualisasikan dalam sebuah karya fotografi. Foto manusia juga terbagimenjadi beberapa kategori, yang akan dijelaskan dibawah ini :


foto HI (human interest)
- Human Interest Photography -

Adalah sebuah karya fotografi yang menggambarkan kehidupan manusia atau interaksi manusia dalam kehidupan sehari-hari serta ekspresi emosional yang memperlihatkan manusia dengan masalah kehidupannya, yang mana kesemuanya itu membawa rasa ketertarikan dan rasa simpati bagi para orang yang menikmati foto tersebut.


Portrait Photography -
Portrait Photography

Adalah sebuah karya fotografi menampilkan ekspresi dan karakter manusia dalam kesehariannya. Karakter manusia yang berbeda-beda akan menawarkan image tersendiri dalam membuat foto portrait. Tantangan dalam membuat foto portrait adalah dapat menangkap ekspresi obyek (mimic, tatapan, kerut wajah) yang mampu memberikan kesan emosional dan menciptakan karakter seseorang.

Stage Photography -

Adalah sebuah karyo foto yang menampilkan aktivitas/gaya hidup manusia yang merupakan bagian dari budaya dan dunia entertainment untuk dieksploitasi dan menjadi bahan yang menarik untuk divisualisasikan.

Sport Photography -

Adalah sebuah karya fotografi yang menangkap aksi menarik dan spektakuler dalam event dan pertandingan olah raga. Jenis foto ini membutuhkan kecermatan dan kecepatan seorang fotografer dalam menangkap momen terbaik.

2. Foto Nature

Dalam jenis foto ini, subjek dan objek utamanya adalah benda dan makhluk hidup alami, seperti tumbuhan, hewan, hutan, gunung, laytan dan sebagainya. Dalam jenis foto ini juga dibedakan menjadi beberapa macam, seperti :

- Foto Flora -

Adalah sebuah karya fotografi yang menggunakan subjek utamanya berupa tanaman dan tumbuhan lainnya. 

- Foto Fauna -

Adalah sebuah karya fotografi yang subjek utamanya adalah binatang. Dalam karya foto ini interaksi dan aktifitas binatang sangat ditonjolkan.


Landscape Photography
- Landscape Photography -

Adalah sebuah karya fotografi yang menggambarkan keadaan alam yang biasanya terdiri dari bentangan langit, daratan, pegunungan, lautan dsb. Sedangkan manusia, hewan dan tumbuhan hanya sebagai unsur pendukung dalam foto ini. Cuaca menjad moment utama dalam karya foto ini.



3. Foto Benda Mati

Adalah sebuah karya foto dimana objek utamanya adalah benda mati. benda ati yang diaksud seperti bangunan, mainan anak, dan lain sebagainya. foto benda mati dibagi menjadi 2 macam sebagai berikut :


architecture photography
- Architecture Photography -

Adalah sebuah karya fotografi yang menampilkan keindahan suatu bangunan baik dari segi sejarah, budaya, desain dan konstruksinya. Memotret suatu bangunan dari berbagai sisi dan menemukan nilai keindahannya menjadi sangat penting dalam membuat foto ini. Foto arsitektur ini tak lepas dari hebohnya dunia arsitektur dan teknik sipil sehingga jenis foto ini menjadi cukup penting peranannya.


- Still Life Photography -

Adalah sebuah karya fotografi yang membuat gambar dari benda mati menjadi hal yang menarik dan tampak “hidup”, komunikatif, ekspresif dan mengandung pesan yang akan disampaikan merupakan bagian yang paling penting dalam penciptaan karya foto ini. Foto still life bukan sekadar menyalin atau memindahkan objek ke dalam film dengan cara seadanya, karena bila seperti itu yang dilakukan, namanya adalah mendokumentasikan. Jenis foto ini merupakan jenis foto yang menantang dalam menguji kreatifitas, imajinasi, dan kemampuan teknis.

4. Foto Jurnalistik

Adalah sebuah karya fotografi yang digunakan untuk kepentingan pers atau kepentingan informasi. Dalam penyampaian pesannya, harus terdapat caption (tulisan yang menerangkan isi foto) sebagai bagian dari penyajian jenis foto ini. Jenis foto ini sering kita jumpai dalam media massa (Koran, majalah, bulletin, dll).


Slow Speed
5. Foto Slow Speed

Adalah sebuah karya fotografi yang cenderung menggunakan cahaya sebagai objek utamanya, foto ini diambil dengan menggunakan shutter speed rendah dan aperature yang besar. Foto jenis ini akan menampilkan sebuah karya fotografi yang unik sesuai lama atau tidaknya shutter speed yang kita tentukan. FOto jenis ini biasanya diambil dalam keadaan gelap yaitu pada malam hari ataupun ruangan yang gelap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persiapan Sebelum Memulai Pemotretan

Memahami ISO (ASA)